Pages

Sabtu, 27 Oktober 2012

Garang Asem Kudus

Bagi sebagian orang mungkin makanan tradisional ini masih asing, apalagi yang tinggal di luar daerah kudus. Tapi, bagi yang sudah mencoba rasanya, pasti ketagihan. :)

Makanan yang konon khas Purwodadi, Jawa Tengah ini memiliki rasa yang unik dan nikmat disantap sebagai lauk atau teman makan nasi. Nama garang asem hakikatnya merujuk pada rasa makanan dan cara memasaknya. Garang asem adalah lauk yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus (digarang/dipanaskan). Lauknya bisa apa saja, seperti berlaku pada masakan pepes, misalnya ayam, jeroan, ikan, jamur, atau tahu. Rasanya yang asam berasal dari tomat dan belimbing wuluh (belimbing sayur), sedikit pedas dan kuahnya yang tidak bersantan membuat makanan ini digemari banyak orang. Apalagi makanan ini selalu disajikan dalam keadaan masih hangat. Mmmmmm.... siapa pun akan tergoda begitu mencium aromanya.

Nah... karena saya tinggal di daerah Tangerang, maka garang asem yang pernah saya cicipi tentu saja yang dijual di Tangerang. Salah satunya yaitu rumah makan "Wong Kudus". Tempatnya berada tepat di belakang Mall Tangerang City, rumah makan ini selalu ramai dan memang sangat terkenal dengan makanan khasnya yaitu Garang Asem Ayam Kampung khas Kudus. Tetapi, ternyata rumah makan ini juga memiliki cabang di daerah Neglasari, berada di tepi jalan menuju arah Bandara Soekarno Hatta, dekat dengan Hotel D'bamboo setelah tikungan ke kiri.

Bagi Anda yang tinggal tidak jauh dari lokasi rumah makan tadi, atau mungkin sering melewati dua jalan tersebut boleh sesekali mampir untuk mencicipi makanan tradisional ini. Soal rasa sudah pasti tidak akan kecewa, tapi soal harga - yaahh bagi mahasiswi seperti saya terbilang cukup mahal. Tapi jika dilihat lauk yang digunakan adalah ayam kampung, dan rasanya yang juga memuaskan, pantas saja jika satu porsi makanan ini di jual seharga Rp 21.000,00 (kalo buat beli siomay udah dapet 4 piring tuuhh .. hehhehhe) .

Berhubung saya suka banget sama makanan yang satu ini, maka saya berniat untuk mencoba membuat garang asem sendiriri lhoo.. (tapi belom sempet-sempet juga T_T). Selain kesannya lebih berbeda, juga siapa tau nanti bisa buka lestoran garang asem sendiri.. (hihihihiihi :D). Nah,, buat yang penasarana silahkan cicipi menu garang asem di restoran terdekat atau bagi yang mau coba membuatnya sendiri bisa mendapatkan resepnya di sini >> Resep Garang Asem Kudus atau masih banyak referensi lain baik dari internet maupun berbagai buku resep masakan tradisional.


Selamat Mencoba ;)

3 komentar:

  1. berkali kali saya baca tulisan di atas, tapi belum terbayang seperti apa rasa makhluk yang bisa di makan ini . . .hihi

    BalasHapus
  2. iih .. hehe .
    cobain dong mas , jangan cuma dibayangin ... :D

    BalasHapus
  3. yups, nanti cobain bareng si mbak sahaja,, :D

    BalasHapus