Pages

Kamis, 30 Mei 2013

GASTRITIS : Penyebab Nyeri di Ulu Hati

Akhir-akhir ini sering banget ulu hati kerasa sakit, mual dan kerasa kembung. Udah ke dokter, udah minum obat, tapi belum jg ada perubahan. Karena penasaran, saya lalu searching2 di internet. Berikut saya bagikan info yang bersumber dari www.thecrowdvoice.com

Penyebab Nyeri di Ulu Hati

Bila anda mendadak merasakan nyeri di daerah ulu hati disertai rasa mual dan rasa kembung, kemungkinan besar anda menderita Gastritis. Gastritis adalah terjadinya proses radang pada lambung. Mengapa bisa terjadi radang ?

Banyak penyebab timbulnya radang pada lambung diantaranya adalah sering terlambat makan. Semuanya terkait dengan asam lambung, didalam tubuh manusia asam lambung diproduksi oleh Sel Parietal yang bertujuan untuk membantu proses pencernaan makanan, jadi produksinya sesuai siklus makan orang tersebut. Jadi, kalo seseorang makannya teratur 3 kali sehari, begitu juga dengan asam lambung diproduksi pada jam-jam makan itu juga, jika orang ini tidak makan pada jam yang biasanya karena terlambat makan, asam lambung terlanjur diproduksi dan tidak ada makanan yang dicerna, sehingga bisa melukai lapisan lambung. Terjadilah gastritis.

Penyebab lain adalah adanya bakteri Helicobacter pylori, Bakteri ini mudah menular lewat peralatan makan yang kurang bersih mencucinya, biasanya selalu disertai gejala mencret. Sedangkan gejala umum yang sering muncul pada sakit maag adalah mual sampai muntah, nyeri ulu hati, dan pusing.

Kemudian bila sudah kena maag selain pola makan, jenis makanan harus diperhatikan. Usahakan jangan membiarkan lambung kosong dalam waktu lama. Paling tidak , ada makanan masuk tiap 3 jam sekali. Kemudian karena lambung penderita gastritis sensitif sekali, makanan yang dikonsumsi tidak boleh terlalu merangsang, jangan terlalu panas atau dingin, juga makanan pedas dan terlalu asam harus dihindari. Juga diusahakan penderita gastritis tidak stres, karena keadaan ini dapat mempengaruhi kondisi lambung.

Makanan Yang Harus Dihindari :
Tahu, dan tempe goreng, kacang tanah, kacang merah, kacang tolo,sayur mentah, sayur berserat tinggi, sayur yang menimbulkan gas (daun singkong, kacang panjang, kol, lobak, sawi, asparagus ), buah tinggi serat atau yang menimbulkan gas ( jambu biji, nanas, apel, kedondong, durian, nangka), juga buah yang mentah, asam, lemak hewan, santan kental, minuman bersoda, alkohol, dan kopi.

Selain itu, stres atau banyak pikiran bisa merangsang lambung memproduksi asam lambung berlebihan sehingga mengiritasi dinding/lapisan lambung. Akibatnya akan timbul nyeri di daerah ulu hati (tempat lambung berada) yang disebut Gastritis.


Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu dan bermanfaat bagi temen-temen supaya nggak mengalami gejala tersebut.

3 komentar:

  1. aku ngalamin ini udah dari kecil,, kira2 bahaya gk ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahaya kalau kita nggak bisa menjaga pantangan dan memperbaiki pola makan. karena dari magh (gastritis) bisa menyebabkan banyak komplikasi contohnya lemah jantung, anemia, sakit kuning (liver), sampai kanker lambung..
      #berdasarkan pengalaman pribadi dan orang sekitar

      semoga cepet sembuh ya sist.. :)

      Hapus
  2. o iya,, dulu kta ibu aku,, waktu aku SD klo habis olahraga aku selalu ngeluh klo ulu hati aku tuu sakit,,

    BalasHapus