Pages

Selasa, 14 Agustus 2012

Kado Sebuah Peringatan


         Hari ini tanggal 14 Agustus. Hmm... Biasanya di tahun-tahun sebelumnya pada tanggal yang sama setiap pagi aku sudah akan disibukkan dengan sms-sms ucapan "Selamat Ulang Tahun" dan seragam kebesaran (eeh, maksudnya seragam kebanggaan). Mau tahu kenapa ??. Karena dihari ini seluruh pemuda dan pandu-pandu Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka. Pastinya pada tahu kan, apa sih Pramuka itu?. Siapa yang tidak pernah mendengar nama Pramuka??. Semua orang baik yang pernah merasakan bangku sekolah maupun yang sejak kecil hanya menjadi pengais rezeki di jalanan pasti pernah mendengar kata Pra-mu-ka. Bahkan yang saya tahu sudah banyak Sekolah Dasar di seluruh Indonesia yang mewajibkan siswa-siswinya mengikuti ekstrakulikuler Pramuka.

        Tahun lalu Gerakan Pramuka Indonesia genap berusia 50 tahun. Pada tahun emas itu pandu-pandu di seluruh Indonesia mendapat kado istimewa yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan menurut pengalaman dan pengetahuanku selama aktif di Kepramukaan sejak tahun 1998, ini adalah kali pertama sebagian besar pandu Indonesia memperingati ulang tahun Pramuka di bioskop-bioskop yang tersebar di seluruh Indonesia. Tapi jangan salah, karena sebelum nonton film, kakak-kakak dan adik-adik pramuka tidak lupa melaksanakan dan mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka terlebih dahulu. Yapp,, film berdurasi kurang lebih 2 jam yang berjudul “LIMA ELANG” itu menjadi kado manis yang serentak tayang pada tanggal 14 Agustus 2011 di seluruh bioskop tanah air. Film yang menceritakan tentang petualangan 5 anggota pramuka penggalang itu memang merupakan kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dengan SBO Films - suatu perusahaan film yang para pengelolanya telah sukses lewat sejumlah film, termasuk film “Garuda Di Dadaku”. Hebat! Film yang luar biasa. Jangankan adik-adik penggalang yang lagi seru-serunya mengikuti latihan Kepramukaan, aku saja yang waktu itu sudah bekerja bela-belain lhoo minta izin pulang lebih awal karena mau nobar (nonton bareng) film Lima Elang dengan adik-adik penggalang dan juga kakak-kakak alumni Pramuka dari Gugus Depan 01093-01094. Dalam film ini adik-adik tidak hanya dipertontonkan tentang perkemahan dan baris berbaris saja, tetapi lebih memperkenalkan arti Praja Muda Karana yang sesungguhnya. Dilengkapi dengan konflik dan kelabilan remaja usia penggalang (smp) yang menurut saya ngena bangett karena saya dan hampir semua rekan-rekan pernah mngalami hal serupa. Seprti ngincer cewe/cowo cakep regu lain, atau juga tega membiarkan ketua regu capek sendirian sementara kita hanya teriak-teriak sok ngasih semangat, ada juga yang paling nekad yaitu mencuri peta milik panitia (ide usil seperti ini juga sering terfikirkan saat ambisi untuk menang terlalu berlebihan, untungnya aku gak pernah benar-benar jadi melakukannya :p ) dan juga banyak hal menarik lain yang memaksa diri untuk jujur, kalau "aku juga dulu begitu.." Dan kado Peringatan HUT Pramuka kali ini juga memperingati kita untuk STOP hanya menjadi Pramuka tepuk sambal! . Kepramukaan itu diajarkan bukan sekedar untuk ajang seru-seruan, panas-panasan dan menghabiskan waktu di luar rumah, tapi harus mampu mengamalkan apa yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Pengetahuan-pengetahuan yang didapat dari Pramuka mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang tangguh, tidak hanya sekedar mandiri. Tangguh berarti mampu menjaga diri sendiri, mampu menghadapi berbagai permasalahan dan rintangan dalam kehidupan, menjaga bahkan melindungi orang-orang disekitar kita dan memiliki daya guna bagi orang banyak bahkan juga negara.
           Bagaimana dengan Peringatan HUT Pramuka di tahun ini?. Hmm... Aku merasakan seperti ada yang kurang. Mungkin karena bertepatan dengan penghujung Ramadhan, atau bisa jadi karena memang saat ini aku sudah mulai mengurangi aktifitas di Kepramukaan. Meski peringatan di tingkat Kota/Kab, Propinsi dan Nasional tetap berlangsung, tapi tidak semeriah tahun-tahun kemarin. Yahh,, tidak ada masalah sih .. Karena semangat pramuka tidak hanya saat peringatan ulang tahunnya saja. Tetapi justru peringatan akan Pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma. Sudahkah kita mengamalkannya ??. Kalau belum, yukk sama-sama kita meriahkan lagi pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma sehingga akan menciptakan generasi muda yang sesuai dengan cita-cita bangsa, menjadi manusia pancasila yang taat kepada Tuhan, negara, orang tua, dan juga sesama manusia. Ayo Para Pandu ! Hari ini adalah peringatan. Mulai perubahan dari sekarang. Tidak perlu menunggu mereka, kalian, ataupun dia, tapi mulailah dari DIRI SENDIRI.

"Satyaku ku Dharmakan, Dharmaku ku Baktikan"
Selamat Hari Ulang Tahun Pramuka ke-51
Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia !

1 komentar: