Pages

Senin, 13 Agustus 2012

Konsep Baru Industri di Kota Tangerang

Terkejut aku waktu datang ke sebuah perusahaan di Kota Tangerang, tepatnya di Jl. K.H. Ashari, Gg Kemuliaan no. 100 Cipondoh - Tangerang. Awalnya,, aku mengira perusahaan itu hanya Bengkel Bubut Besar yang memiliki cukup banyak tenaga kerja. Dengan sebuah ruang kantor segi empat yang berdampingan dengan lahan produksi yang aku sebut bengkel. Tapi ternyata gambaran imajinasiku yang hampir sempurna dengan warna usang dan hawa pengap itu runtuh - luluh - lantah seperti pesawat sukhoi super jet 100 yang menabrak gunung salak beberapa bulan yang lalu. Hancur berkeping-keping meninggalkan duka yang mendalam. hix hix..  T_T
Malu aku pada diriku sendiri, karena telah menciptakan prasangka buruk pada orang lain, pada tempat lain, dan pada orang banyak yang berjuang untuk perusahaan itu. Mataku membelalak, bibirku tersungging lebar, raut mukaku mendadak begitu sumringah tanpa perintah dari otak sadarku. Yapp, pemandangan ini terlalu indah untuk dilukiskan dengan kata-kata. Seperti seorang dosen pernah berkata "Kita akan lebih mudah menikmatai dan merasakan sesuatu yang indah daripada menceritakannya lewat kata-kata". (Tapi karena tuntutan keinginan untuk menceritakan tempat ini, saya akan coba untuk menggambarkan apa yang saya lihat dan rasakan sekenanya) :)

Pendopo Utama, tempat Untuk Tamu dan Pertemuan
Gazebo Utama, tempat Untuk Pertemuan dan Ruang Tunggu bagi Tamu
Gamelan

Dengan konsep Go Green ditambah berbagai hiasan ala Majapahit (beneran lhoo ..) seperti patung-patung, batu-batu besar, ukiran di pendopo dan dalam ruangan yang "Jawa Bangeett", serta meubel dan pondasi bangunan yang menggunakan material kayu (entah kayu jenis apa karena yang pasti terlihat tua dan tidak diampelas karena sengaja dibiarkan terlihat seperti rumah pohon yang memiliki nilai artistik tinggi) ditambah juga taman-taman yang sangat indah dengan batu-batu yang disusun sedemikian rupa sebagai jalan menuju gazebo atau pendopo membelah hijaunya rumput, penyempurnanya adalah air terjun buatan yang terus mengalir baik saat hujan maupun kemarau di sudut taman dan tidak jauh dari sana ada lagi gazebo yang terdapat gamelan jawanya.
Jalan menuju taman dan Gazebo

Ternyata taman ini baru berusia sekitar 2 tahun. Semua tanaman yang ada di sini tidak lahir dan dibesarkan di sini, mereka di pindahkan ke sini setelah usia, jenis dan ukurannya sesuai dengan keinginan pemilik perusahaan ini. Petugas kebersihan dan pertamanan di perusahaan ini kurang lebih ada 5 orang.

Jalan Menuju Ruang Kantor
Memasuki kantor marketing sekaligus ruang manager personalia dan pimpinan direktur perusahaan, seperti menuju ruang perjamuan milik Raja Hayam Wuruk. (Sok tau bangett,, kaya pernah suwun ke sana aja :p). Disambut patung selamat datang yang mungkin mirip Mahapatih Gajah Mada atau bisa jadi malah mirip Bagong dalam tokoh panowakan yang berdiri kokoh menatap langit biru. Papan-papan kayu berwarna coklat muda dan coklat tua berjajar membelah taman yang dipagari batu karang dan coral berukuran sedang setinggi lutut orang dewasa. Ada berbagai pohon dan bunga-bunga cantik yang siap menyambut setiap tamu yang datang. Di penghujung jalan, depan pintu masuk terdapat dua patung binatang gemuk berkaki empat dan berhidung pesek panjang dengan dua taring kecil di sudut bibirnya. Yapp, patung batu berukuran panjang 1,5 meter dan tinggi kurang dari 1 meter itu menjadi penjaga setia pintu kantor 24 jam dalam sehari tanpa gerak dan makan. (ya iyalaaah ,, namanya juga patung.. :D)
Suasana di dalam
Tidak kalah indah juga suasana di dalam ruang kantornya. Aku terkejut melihat dinding-dinding yang dibatasi oleh ukiran-ukiran indah dan lukisan-lukisan berukuran jumbo menempel anggun di tiap sisi tembok. Penerangan alami dengan menggunakan kaca di salah satu sisi dan juga pintunya menambah kesan natural sekaligus nyaman bagi siapapun yang ada di dalamnya.

Ada yang berminat untuk datang ke sini ?? . Sebelumnya silahkan kunjungi dahulu www.satolift.com . :)

 

2 komentar:

  1. jadi kepingin kemping di kerajaan majapahit hehe :)

    BalasHapus
  2. hhehe .. monggo pak .
    lahannya cukup luas ko, cukup untuk 3 tenda + api unggun .. :)

    BalasHapus